Tentang Manajemen Waktu

Sabtu Pagi ini nggak ada kelas, tapi mata seger aja dari habis shubuh. Selamat Pagi! Nulis di temani udara sejuk pagi dan secangkir the manis hangat rasanya damai banget. Alhamdulillah.

Dengan berbagai macam kegiatan yang saya jalanin sekarang, rasanya udah bikin otak penat duluan padahal kadang dijalanin aja belum. Suka mikir pengen ina itu tapi nggak ada waktu, macem orang tersibuk di dunia aja. Tapi semakin dijalananin semakin tau celahnya, semakin tau harus jalanin nya dengan cara gimana. Untungnya, saya suka sekali me-manage diri sendiri jadi jalanin nya pun enak karena nggak ada paksaan. Salah satunya adalah me-manage waktu yang saya punya biar semuanya bisa saya kerjain dengan sebaik mungkin dari yang wajib sampai yang nggak wajib.

Dari mulai kerja, kuliah, ngerjain tugas, baca buku, nulis, nonton, jalan-jalan, olahraga. Semuanya saya usahakan bisa lakuin dengan waktu yang saya punya, kenapa? Karena waktu tak kan pernah mengulang~~ *nyanyi* .
Nah, biasanya kalo weekday kan saya kerja 9-5 tuh jadi ya selama di kantor saya kerja aja ya walaupun pasti di selingi blogwalking atau nonton youtube lah. Nah, di kantor biasanya saya buat to do list sebelum pulang kerja, biar besok paginya saya tau harus ngapain aja, dan biasanya saya pasang target juga harus bisa beresin apa aja, tapi waktu nya juga harus se-realistis mungkin, jadi nggak jadi beban. Setelah pulang kerja, saya biasanya ada free-time dulu, sekitar jam 9 malam baru mulai untuk ngerjain tugas kuliah, kalo nggak ada tugas saya ganti untuk baca buku, atau nulis paling cuma 1 jam aja. Jam 10 harus udah siap tidur. Saya ngusahain banget untuk nggak begadang karena kadang kita ngerasa nggak capek padahal badan kita juga kan butuh istirahat ya,  kecuali kalau mendesak semuanya deadline pada waktu yang sama nah baru deh begadang itu pun paling sampai jam 1 malam *itu udah mentok ngerjain apa pun udah nggak fokus*. Nah, kalo weekend biasanya saya kuliah kan dari pagi sampai siang/sore jadi waktu nya lebih banyak, jadi buat jalan-jalan, nonton, nulis, baca buku atau ngerjain hal lain yang saya suka, saya atur aja di weekend, setiap weekend ganti jadwal biar nggak bosan :D . Oh iya, untuk olahraga karena nggak ada waktu yang banyak untuk keluar, saya biasanya olahraga 15 menit aja dirumah pagi-pagi yang penting gerak! Kecuali kalo libur bisa lari keluar :D

Kalo udah punya cara buat manajemen waktu selanjutnya yang paling penting adalah commit , makanya kalo terpaksa ya nggak akan jalan deh. Selain itu, saya juga nggak ngatur waktu yang mepet-mepet banget, jadi nggak ada beban, semua waktu yang saya rencanakan saya set se-longgar dan se-realistis mungkin. Jangan sampai udah ada manajemen waktu, udah mau commit,  eh jadwalnya super padat jadi kaya dikejar-kejar kan bukan nya ngurangin malah nambah beban, nambah stress. Manajemen waktu ini ngebantu saya banget sih, jadi karena udah ada to do list, nggak bingung, nggak ada waktu ngeluh dulu *ngeluhnya ntar pas udah beres kerasa capeknya :D* ngeluh tapi ada progress itu nggak apa kok. Cuma jangan keterusan ngeluh aja, kasian sama diri sendiri dan sama orang lain yang denger juga capek loh :D

Udah deh itu manajemen waktu saya, semoga bisa commit terus dan bisa makin baik untuk manajemen diri sendiri :D

XoXo,

Kiki

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TULUS!!!